29 Apr 2025, Sel

BBPPMPV Seni dan Budaya Catatkan Peningkatan Kepuasan Masyarakat di Tahun 2024

Penilaian masyarakat atas penyelenggaraan pelayanan publik oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya merupakan salah satu bentuk pelibatan masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan Pelayanan Publik yang adil, transparan, dan akuntabel. Pelibatan masyarakat akan mendorong terwujudnya pembangunan berkelanjutan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih tepat sasaran. Penilaian masyarakat ini diselenggarakan melalui pengisian Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). SKM mengukur kepuasan publik terhadap layanan yang diberikan oleh BBPPMPV Seni dan Budaya berdasarkan 9 (sembilan) unsur yang berkaitan dengan standar pelayanan, sarana prasarana, serta konsultasi pengaduan.

Dengan berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017, BBPPMPV Seni dan Budaya melakukan pengukuran atas kepuasan masyarakat pada tahun 2024 terhadap tiga layanan utama balai, yaitu 1) Layanan Diklat Berbasis Kerja Sama, 2) Layanan Penyewaan Fasilitas, dan 3) Layanan Data dan Informasi. SKM disampaikan kepada masyarakat umum penerima layanan BBPPMPV Seni dan Budaya secara manual dan melalui kuesioner elektrik (online survey) yang disebarkan melalui tautan pada laman resmi lembaga.

Pelaporan hasil SKM pada tahun 2024 dibagi ke dalam 2 semester, yaitu semester 1 (Januari s.d. Juli) dan semester 2 (Agustus s.d. Desember). Pada laporan SKM semester 1, responden survei berjumlah 153 orang, yang meliputi:  10 responden Layanan Diklat Berbasis Kerja Sama, 27 responden Layanan Penyewaan Fasilitas, dan 116 responden Layanan Data dan Informasi. Secara keseluruhan, hasil SKM yang dikenal juga sebagai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada semester 1 menghasilkan nilai 88,13 (kategori BAIK). Meskipun begitu, masih ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti, yaitu 1) Informasi terkait persyaratan untuk mendapatkan layanan dirasa masih kurang dan 2) Petugas layanan perlu meningkatkan kompetensi agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Sementara itu, pengisian survei oleh 166 responden yang meliputi: 20 responden Layanan Diklat Berbasis Kerja Sama, 33 responden Layanan Penyewaan Fasilitas, dan 113 responden Layanan Data dan Informasi menghasilkan nilai rerata IKM pada semester 2 sebesar 88,52 (kategori SANGAT BAIK). Hasil ini menunjukkan adanya kenaikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap 3 layanan utama yang diberikan oleh BBPPMPV Seni dan Budaya. Aspek yang masih perlu ditindaklanjuti dan ditingkatkan berdasarkan hasil SKM semester 2 yaitu masih kurangnya informasi yang jelas terkait persyaratan untuk mendapatkan layanan. 

Berdasarkan hasil SKM semester 1 dan 2 pada tahun 2024, beberapa tindak lanjut yang akan dilakukan oleh BBPPMPV Seni dan Budaya pada tahun 2025 untuk meningkatkan kualitas layanan publik antara lain: 1) Menyosialisasikan persyaratan pelayanan yang dimuat dalam Satndar Pelayanan melalui media sosial, 2) Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap prosedur dan waktu pemberian pelayanan agar pelayanan dapat berjalan dengan lebih efisien, 3) Menyelenggarakan forum konsultasi publik untuk menjaring aspirasi pengguna terkait waktu penyelesaian layanan yang diharapkan, dan 4) Memberikan pelatihan khusus terkait service excellent kepada petugas pemberi layanan. (Nan)

 

By Vesca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *