BBPPMPV SENI & BUDAYA
Bagikan konten ini
0
Dibagikan

Kompetensi Guru Umum Bidang SB Ajang Update Guru SMK

BBPPMPVSB

MENINGKATKAN kompetensi guru umum bidang seni dan budaya yang diselaraskan dengan dunia kerja, menjadi tujuan terselenggaranya kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Umum Bidang Seni Dan Budaya oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya. Berlangsung Senin-Jumat (1-5/8/22) kegiatan pembukaan berlangsung di Gedung Saraswati, dan dibuka secara resmi oleh Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd.

Berlatar belakang Pendidikan di era revolusi industri 4.0 Indonesia dihadapkan pada tantangan penyiapan tenaga kerja terampil, kompeten dan siap memasuki dunia usaha dan dunia industri, dan keberadaan SMK menjadi salah satu ujung tombak penyiapan tenaga kerja muda andalan Indonesia. Untuk itu SMK harus menyiapkan lulusan yang kompeten, siap memasuki dunia usaha dan dunia industri, berkarakter unggul dan berorientasi membangun karier masa depannya yang lebih baik. Karakter unggul menjadi modal utama lulusan SMK dalam meraih kesuksesan personal, karier dan sosial. Oleh karena itu pendidikan karakter mutlak diterapkan di SMK.


Sejalan dengan tugas dan fungsi tersebut, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Umum Bidang Seni dan Budaya.


Pada laporan pelaksanaan kegiatan Sub Koordinator Peningkatan Kompetensi Fatkiyatun Jannah, S.H. mengatakan bahwa di kegiatan kali ini dibuka untuk 4 kelas, yang terdiri dari Peningkatan Kompetensi Guru Umum Budaya Kerja, Informatika, Project Based Learning (PjBL) Dan Karya Tulis Ilmiah.


Ditambahkan Fatik “bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk usaha berkesinambungan dalam hal meningkatkan vokasional di SMK yang berhubungan langsung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi”.


Sementara itu Sarjilah dalam sambutannya berharap dengan kegiatan ini, peserta mampu memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga nantinya akan menciptakan metode-metode baru.
“Sehingga guru-guru SMK ini nantinya akan selalu di Update” ujar Sarjilah


Berlangsung selama 5 hari, peserta akan dibekali dengan materi diantaranya Penelitian Kuantitatif, Penyusunan perangkat pembelajaran Mapel Informatika, Pengelolaan PjBL, dan Membangun Tim Sekolah yang diampu oleh Widyaiswara BBPPMPV Seni dan Budaya.


Narasumber yang terlibat pada kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Umum Bidang Seni Dan Budaya ini diantaranya Cahya Yuana, S.Sos., M.Pd. Dr. Wuryaningsih, S.Sos., M.Acc. Eko Santoso, S.Sn., M.Pd. Heru Subagiyo, S.Sn., M.Pd. Digna Sjamsiar, S.Pd., M.Pd.BI dan Drs. Agung Handoko, M.Pd. (Herlin).

 

 

Sembunyikan Form Komentar

1000 Jumlah karakter tersisa


Bagikan konten ini
0
Dibagikan

Chat & Ikuti kami

Chat WhatsApp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih