Halaman 1 dari 2
Mohon lengkapi semua isian yang bertanda bintang (*)!
Isikan nama sekolah, contoh: SMK Negeri 1 Kalasan Sleman
Masukkan 8 digit Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
Isikan nama lengkap beserta gelar
Masukkan 12 digit Nomor UKG , Nomor UKG bisa didapatkan melalui SIM PKB
Masukkan Nomor HP
Pilih satu Kompetensi Keahlian yang dimiliki
Mengolah bahan tanah liat plastis
Mengolah bahan tanah liat slip
Melakukan pembentukan dengan teknik Handbuilding
Melakukan pembentukan dengan teknik Lempeng (Slab)
Melakukan pembentukan dengan teknik Putar (Throwing)
Melakukan pembentukan dengan teknik Cetak tuang (Slip casting)
Melakukan pembentukan dengan teknik Cetak tekan (Press moulding)
Melakukan pembentukan dengan teknik Cetak putar (Jolley-Jigger)
Membuat dekorasi benda tanah liat
Membuat glasir
Mengaplikasikan glasir
Melakukan pembakaran keramik
Membuat Desain Produk Kriya Kulit
Mengukur kaki dan membuat last
Membuat pola produk alas kaki kulit
Membuat pola produk kulit (Non-alas kaki & non Busana)
Memilah dan Mencatat Persediaan bahan kulit
Memotong komponen kriya kulit dengan tangan
Memotong komponen kulit dengan mesin
Mencetak kulit dengan mesin press
Menyeset kulit dengan pisau seset manual
Menyeset kulit dengan mesin seset
Menjahit kulit dengan tangan
Menjahit kulit dengan mesin tingkat I
Menjahit kulit dengan mesin tingkat II
Menghias dan memasang asesoris kulit
Membentuk produk alas kaki kulit secara manual
Membentuk produk alas kaki kulit dengan mesin
Merakit produk alas kaki kulit dengan tangan
Merakit produk alas kaki kulit dengan mesin
Merakit/menyetel produk kulit non-alas kaki dan non-busana
Penyelesaian Akhir (Finishing) produk kriya kulit
Menatah komponen kulit mentah
Menyungging komponen kulit mentah
Amrada (mewarna dengan warna prada) dan memberi isen-isen komponen kulit mentah
Finishing produk kulit mentah tatah sungging
Mengapresiasi produk tatah sungging
Membuat pola produk busana kulit
Merakit/menyetel produk busana kulit
Teknik Kerja Bangku
Teknik Kerja Bubut
Teknik Kerja Sekrol
Teknik Kerja Ukir
Teknik Kerja Mesin
Membuat Produk Batik Tulis
Membuat Produk Batik Cap
Mewarnai kain Batik dengan warna Sintetis
Mewarnai kain Batik dengan warna Alam
Membuat karya Cetak Saring / Sablon
Membuat karya Jahit Perca, Tinda, Aplikasi
Membuat Karya Sulam / Bordir
Membuat Karya Tenun Tapestry
Dasar-Dasar Seni Rupa
Sketsa
Menggambar
Seni Lukis Cat Air
Seni Lukis Cat Minyak
Seni Lukis Cat Akrilik
Seni Lukis Cat Semprot (Spray )
Seni Lukis Eksperimental
Penyelenggaraan Pameran Karya Seni Lukis
Membuat Patung Modelling
Membuat Patung dengan Teknik Pahatan
Membuat Patung dengan Teknik Merakit
Melakukan Praktik Pengecoran Resin Poliester (Polyester Resin
Melakukan Praktik Pengecoran Lilin (Wax)
Melakukan Praktik Pengecoran Semen
Melakukan Praktik Pengecoran Gipsum
Melakukan Praktik Pengecoran Patung Logam
Membuat Konsep Desain Interior
Menggambar Desain Interior dan Furnitur Manual
Menggambar Desain Interior dan Furnitur dengan Software
Menghitung Biaya Pekerjaan Furnitur dan Pembahanan
Menggunakan Peralatan dan Mesin Perkakas Tangan
Mengoperasikan Mesin Dasar Tetap (Statis)
Melakukan Finishing Teknik Oles
Melakukan Finishing Teknik Semprot
Menyelenggarakan Pameran
Memahami Perkembangan Bahan Interior dan Furnitur (HPL, ACP, dll)
Meragakan Olah Tubuh
Meragakan Dasar Tari
Meragakan Tari Tunggal
Meragakan Tari Berpasangan
Meragakan Tari Kelompok
Meragakan Tari Tradisi
Menata Tari Tunggal
Menata Tari Berpasangan
Menata Tari Kelompok
MenataTari Dramatik
Menata Rias dan BusanaTari
Melakukan Teknik cepengan wayang (cara memegang wayang sesuai kaidah pedalangan)
Melakukan gerak-gerak wayang (Sabet Pedalangan)
Melakukan Sulukan Pedalangan
Melakukan dhodhogan dan Keprakan
Melakukan Iringan Pedalangan
Melakukan Narasi dan dialog Pedalangan (Janturan Pocapan, dan dialog)
Menyusun lakon Pedalangan
Mempraktikkan Karawitan Bersama Tingkat Dasar
Mempraktikan Individu Instrumen Pokok Tingkat Dasar
Mempraktikan Vokal Tingkat Dasar
Mempraktikan Karawitan Non Mandiri Tingkat Dasar
Mempraktikkan Karawitan Bersama Tingkat Menengah
Mempraktikan Individu Instrumen Pokok Tingkat Menengah
Mempraktikan Vokal Tingkat Menengah
Mempraktikan Karawitan Non Mandiri Tingkat Menengah
Menganalisis pola garap instrumen
Mempraktikkan Karawitan Bersama Tingkat Tinggi
Mempraktikan Individu Instrumen Pokok Tingkat Tinggi
Mempraktikan Vokal Tingkat Tinggi
Mempraktikan Karawitan Non Mandiri Tingkat Tinggi
Mempraktikan Karawitan Daerah Lain
Menyusun Naskah Penyajian
Merancang Tata Panggung
Merancang Tata Suara
Merancang Tata Busana
Konsep Pemeranan
Bermain Peran
Penyutradaraan
Produksi Teater
Tata Busana
Tata Rias
Tata Panggung
Tata Cahaya
Menguasai Tata Kamera
Menguasai Editing Audio Video
Menguasai Produksi Program Siaran televisi
Menguasai Produksi Film Televisi
Menguasai Pembuatan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Film dan Program Televisi
Menguasai Produksi Siaran Program Televisi
Menguasai Pembuatan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Produksi Siaran dan Program Televisi
Menguasai Manajemen Pengelolaan Radio
Menguasai Program Siaran Artistik
Menguasai Produksi Program Siaran Jurnalistik
Menguasai Teknik Siaran Radio Online
Menguasai Tata Kamera Produksi Film
Menguasai Editing Audio Video Film
Menguasai Produksi Film
Menguasai Pembuatan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Film
Melakukan komunikasi dengan orang lain di lingkungan kerja.
Membaca not balok.
Melakukan kerjasama dalam kelompok musik (teamwork).
Memainkan instrumen utama secara solo dalam konteks musik pop.
Memainkan not balok dan lain-lain dengan lancar pada instrumen utama dalam konteks musik pop.
Menyebutkan sejarah instrumen musik elektrik dan sejarah musik pop.
Menerapkan konsep dasar sistim tata suara
Mendemonstrasikan permainan lagu sesuai dengan gaya “phrasing” instrumen musik pop
Melakukan pemindaian digital
Melakukan pewarnaan gambar karakter (coloring)
Melakukan perekaman rancangan dialog
Membuat gerak digital non character
Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation)
Membuat kumpulan aset digital(layout 3dimensi)
Membuat model digital hard surface 3 dimensi
Membuat model digital organik 3 dimensi
Membuat elemen gambar digital puppeteer
Membuat pencitraan UV mesh
Membuat pencitraan gambar digital(rendering)
Membuat pencitraan tekstur permukaan
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
Membuat gerak digitalcharacter
Membuat gerak digitalpuppeteer
Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
Membuat pencitraan cahaya digital
Membuat pencitraan sifat permukaan (shading)
Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
Membuat arahan gerak particle
Membuat simulasi dinamis objek digital(cloth/hair)
Membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid)
Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
Membuat model digitalsculpting
Membuat gambar latar
Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)
Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
Mempersiapkan sudut pandang kamera digital
Membuat skrip penceritaan (script writing)
Membuat skenario
Membuat standar produksi desain property(property design)
Membuat standar produksi desain suasana (environment design)
Membuat standar produksi desain karakter (character design)
Melakukan pengawasan organisasi dan menyelia kegiatan produksi secara menyeluruh (executing/producing)
Membuat gambar sketsa property
Membuat gambar sketsa latar
Membuat gambar sketsa karakter
Melakukan pengawasan hak intelektual karya animasi
Melakukan pengawasan aspek teknik produksi dan alur kerja (technical directing)
Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)
Melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)
Melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)
Membuat Perencanaan Periklanan
Mengelola Hubungan dengan Klien
Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan
Merancang Strategi dan Pemilihan Media
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain
Menerapkan Project Brief
Menerapkan Design Brief
Menetapkan Konsep Desain
Membuat Materi Siap Produksi
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain
Menciptakan Karya Desain
Mengelola Proses Produksi
Menerapkan Teori Dasar Komunikasi
Melakukan Proses Pekerjaan Sesuai Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Memilih Jenis Kamera
Memeriksa Perangkat Kamera
Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya
Menentukan Perangkat Penyinaran
Menentukan Elemen Pencahayaan
Mengatur Ketajaman Gambar
Menentukan Sudut Pengambilan
Menentukan Latar Depan-Latar Belakang
Menentukan Komposisi Pemotretan
Memilih Gambar Sesuai Kebutuhan
Menyimpan dan Memindahkan Data Gambar
Melakukan Olah Digital Dasar
Mencetak Gambar
Mengerjakan Pemotretan Alam
Mengerjakan Pemotretan Benda
Mengerjakan Pemotretan Arsitektur
Mengerjakan Pemotretan Peristiwa
Merancang Suatu Karya Fotografi Ilustrasi
Melakukan Olah Digital Lanjutan (Digital Imaging)
Menganalisis Skenario untuk Editing
Merancang Persiapan Editing
Melakukan Administrasi Materi Hasil Syuting
Melaksanakan Pekerjaan Assembly
Melaksanakan Finalisasi Editing
Teknik Etsa Lukis
Teknik Etsa Sablon
Ukir Logam Teknik Ukir
Teknik Kethok Pembentukan
Teknik Kerja Dasar Perhiasan
Teknik Cobochon
Teknik (facet/berlian)
Teknik Cor
Teknik Las
Teknik Potong, Tekuk dan Patri lunak
Teknik Enameling
Teknik Pengempaan
Teknik Bubut
Mempraktikkan Karawitan Bersama
Mempraktikan Individu Instrumen
Mempraktikan Vokal
Mempraktikan Karawitan Non Mandiri
Membentuk Suara
Menerapkan Intonasi
Memformulasikan Pathet Gending Atau Lagu
Memformulasikan Pola Permainan Instrumen
Memformulasikan Struktur Musikal Komposisi Gending
Membuat Melodi
Membuat Lagu
Mengaransemen Lagu
Menata Gending atau Lagu
Membuat Kreativitas